Prosesor Intel Core i5 Vs AMD A10

Pilih Intel Core i5 Atau AMD A10 ya ?

Hello guys kembali lagi sama gw kali ini gw mau bagi nih antara AMD A10 atau Intel Core i5 ya ? Jadi binggung nih keduanya sama - sama bagus dikelasnya bahkan seri AMD dapat menyaingi Prosesor milik intel yaitu core i5, yang pertama akan kita bahas adalah Kelebihan dahulu pada kedua prosesor ini guys.

Prosesor AMD A10          

Mari Kita Lihat Kelebihan Dari Kedua Prosesor Ini :

Kelebihan Intel Core i5

Kelebihan Intel Core i5 ini adalah ditanamkannya fungsi chipset Northbridge pada inti prosesor ( ini dikenal dengan nama MCH atau Motherboard), motherboard core i5 yang akan digunakan adalah chipset intel P55 kelas ini sangatlah mainstream dan ini akan terlihat lowong tanpa adanya chipset northbridge. Jika Intel Core i7 menggunakan tripel chanel DDR 3, maka untuk Core i5 ini menggunakan Dual Channel DDR 3, dengan demikian penggunaan watt akan meningkat menjadi 95 Watt. Chipset P55 ini mendukung 3 kartu grafis (3x bayangin bray wkwk ) dengan 1 x 16 slot PCI-E dan 2 x 8 slot PCI-E. Cache pada prosesor Core i5 tetaplah sama yaitu 8MB L3 Cache, dan intel juga mengeluarkan Clarksfield, yaitu Intel Core i5 pada versi mobile yang dimaksudkan untuk notebook. Socket yang digunakan adalah mPGA-989 dan hanya membutuhkan daya yang kecil yaitu berkisar antara 45 - 55 Watt.

Kelebihan AMD A10

Kelebihan pada prosesor ini adalah kecepatan yang begitu Amazing, kemampuan  Clocknya hingga 4 x 3.7 GHz dengan kecepatan RAM hingga 2133 MHz untuk memastikan performa sistem dapat berjalan tanpa hambatan. Diproduksi pada 28nm, prosesor ini dapat menghasilkan thread di level 4 dengan kecepatan GPU (Graphics Processing Unit) hingga 720 MHz. Prosesor ini juga mempunyai TDP (Thermal Design Power) sebesar 95W, dan didukung dengan kartu grafis terintegritas, dan sudah mendukug arsitektur 64-bit, dukungan unlocked multiplier jadi pengguna dapat mudah untuk memproses overclock, serta dukungan AES untuk memudahkan dan mempercepat proses enkripsi dan dekripsi.


Dua Prosesor Ini Punya Kekurangan Apa Aja Ya ? Cekidot :

Kekurangan Intel Core i5

Kekurangan dari procesor ini adalah memiliki fitur Hyper - Threading di berbagai tipe tertentu dari procesor i5 ini salah satunya adalah Core i5 660 dia mempunyai fitur ini tapi dia punya 2 Physical Cores. Semua tipe prosesor ini tidak ada yang mempunyai 4 Physical Core dan 4 Simulated Cores. Ini berarti bahwa i5 tidak akan secepat i7 karena berat beban kerja yang multi-threaded tidak dimiliki oleh i5

Kekurangan AMD 10

Salah satu yang sering dialami oleh AMD adalah cepat panas dan juga minimnya compatible pada berbagai software karena perbedaan instruksi pada prosesornya, hanya berbagai software saja yang bisa di instal pada laptop atau PC berprosesor ini. Namun prosesor ini tidak jelek juga sih kalian bisa pakai prosesor ini untuk main game yang berat-berat sih, ya kalau saya sih sama - sama bagus ini prosesor.

Perbedaan Harga Antara Core i5 dengan AMD A10

Harga Intel Core i5

Kalian dapat membeli prosesor ini dengan harga kurang lebih Rp. 2.400.000 dari Bukalapak yang  25% lebih murah, sedangkan yang dijual oleh Tokopedia, Lazada, dan Blanja adalah sekitar 3.190.000, itu adalah harga yang tercantum pada penjualan online terpercaya di indonesia, sedangkan di luar negeri antara lain Hongkong menjual dengan harga Rp. 2.487.908 ,Sedangkan Malaysia menjual dengan harga Rp. 2.487.114 ,Filipina dengan harga Rp. 2.642.230 ,Sedangkan singapura menjual dengan harga Rp. 2.647.908.

Harga AMD A10

Untuk harga yang dijual oleh prosesor ini adalah berkisar antara Rp. 1.847.000

Nah sekian dulu artikel kali ini jika kalian inggin menikmati artikel saya yang lain silahkan langganan pada Blog ini ya guys see you next time






2 Responses to "Prosesor Intel Core i5 Vs AMD A10"